Ke Mana Lagu Indonesia?

Nggak, aku nggak mengigau kok tanya seperti itu. Aku masih di Indonesia, dan masih suka mendengarkan lagu Indonesia. Lalu kenapa tanya seperti itu?

Begini, selama ini aku kan mengandalkan radio di rumah. Masih belum niat beli televisi sih. Dan kurasa selama aku di Jakarta, radio saja masih cukup. Lagi pula, dengan adanya internet, aku merasa nggak ketinggalan berita banget. Radio dan internet itu cukup bagiku. Nah, lewat radio itu aku mendengarkan lagu-lagu Indonesia. Biasanya sih yang sering aku dengarkan adalah I-Radio. (Sekarang sih jam dengarku tidak selama dulu. Kadang aku pengin suasana sepi, jadi radio kumatikan.) Radio itu hanya menyiarkan lagu-lagu Indonesia. Jadi, aku cukup tahu lah lagu-lagu Indonesia. Nah, jadi pertanyaanku tadi basi dong?

Kayaknya nggak deh. Lalu, kenapa?

Pertanyaan itu muncul ketika aku sedang di luar rumah. Misalnya di tempat perbelanjaan atau di mal. Biasanya yang diperdengarkan adalah lagu asing. Jarang rasanya mendengar lagu Indonesia jadi musik latar yang diputar di mal atau pusat perbelanjaan. Padahal kupikir masih ada lagu Indonesia yang bagus (walaupun jujur saja sekarang muncul lagu-lagu Indonesia yang menurutku musiknya kurang begitu kaya dan begitu-begitu saja). Atau kalau tidak lagu, musik instrumental buatan orang Indonesia ada yang bagus-bagus. Misalnya, karya-karyanya Jubing.

Rasa-rasanya lagu-lagu orang Indonesia yang bagus, juga kurang mendapat tempat. Misalnya, kamu pernah tahu lagu Rasa-Merasa? Bagus sih menurutku. Kurasa lagu ini tidak tampil di acara musik yang sering ditayangkan di televisi, kan? Kaya gini nih lagunya:

Jadi, di mana ya lagu atau grup musik Indonesia yang bagus sering tampil? Ada nggak sih panggung atau media yang menampilkan lagu atau karya-karya anak bangsa yang berkualitas?

7 thoughts on “Ke Mana Lagu Indonesia?

  1. kalo lagu indo gua suka banget ama lagu2nya kerispatih. dia ada album baru gak sih belakangan ini?

    aku kurang tahu soal album barunya kerispatih. yang aku tahu cuma sammy, vokalisnya kerispatih dulu sekarang bersolo karir

    • keris patih bukannya yang penyanyinya tersandung narkoba ya Man? Klo gak salah lho ini.dan akhirnya keluar dari band itu.
      tapi gak tau juga apa udah ngeluarin album baru.

      iya, emang kayaknya sempet kena kasus narkoba. *halah, kok jadi kaya inpoteinmen gini sih sayah?* hihihi. tapi sekarang udah nyanyi lagi kok niq.

  2. aku jarang ngemall, he…he…, nggak perhatiin juga sih….
    tapi ada lagu yg pertama kutau justru dari mall, lagunya diputar di sebuah dept store Dan banyak juga pengunjung yg bergumam ikut

    Lagunya Cari Jodoh dari Wali

    padahal kalau kita dengar radio, kadang diputar lagu Indonesia yang bagus. cuma ya gitu, deh, kalau sudah di mal atau dept. store, kenapa yang muncul lagunya itu-itu saja ya? makanya menurutku lagu-lagu Indonesia yang bagus kurang mendapat tempat.

  3. waduh sejak Digendong-gendong” dan “Salah Alamat” aku ngga tau lagi apa yg nge top di IndonesiađŸ˜€

    kalau lagunya heboh, biasanya memang cepet ngetop. sekarang aku juga kurang tahu lagu apa yg heboh. hehehe, padahal aku masih di sini-sini saja. taunya yang sering diputar di radio saja.

  4. Banyak juga sih resto yang memasang lagu Indo yang memang bagus-bagus banget, tapi beberapa resto memang menyesuaikan lagu2 nya dengan segmen pelanggannya. Kalau resto Mexico misalnya, pasti memilih lagu2 non lokal utk diputar. Sama kalau ke salon utk massage, lagu2 instrumen slow yang diputar, soalnya gak banyak lagu2 instrumen karya musisi Indo yang cukup melegenda jd bisa diputer terus2an sepanjang jaman.

    Hmm, kalau restoran dengan masakan luar, memang wajar sih kalau memutar lagu-lagu nonlokal. Kalau lagu instrumental aku memang agak kurang ngikuti. Yang aku ikuti ya Jubing itu. Tapi sebetulnya, kurasa ada saja lagu anak negeri yang bagus. Cuma sayangnya kenapa masyarakat kebanyakan cuma tahunya lagu yg itu-itu saja? Lagu yang kupasang youtube-nya itu menurutku bagus. Cuma hampir nggak pernah diperdengarkan. (eh, ini nggak bermaksud iklan sih. cuma salah satu contoh saja.)

  5. Aku merasakan hal yang sama meskipun aku tinggal tidak di Indonesia, Kris.
    Mungkin pembahasanku terlalu dalam, tapi bagiku hal ini terjadi karena kita tak punya dasar budaya yang jelas.

    Pram pernah menyebut bahwa ia rindu menyaksikan adanya budaya asli Indonesia yang bukan budaya kesukuan. Orang kenal budaya batik sebagai budaya Indonesia padahal itu budaya Jawa. Orang kenal seni pahat kayu dan dibilang itu milik Indonesia padahal itu milik Papua.

    Kita belum bisa seperti Jepang atau bahkan Cina. Cina itu gila. Dia punya banyak sekali sub suku, tapi budaya yang terbentuk hanya satu.

    Membayangkan Indonesia dengan satu budaya asli yang khas adalah sesuatu yang menyenangkan meski untuk itu entah kita akan menjadi saksi atau tidak karena alih-alih membentuk satu budaya yang solid, kini banyak pengaruh asing masuk termasuk agama dari timur tengah dan komersialisme dan industri dari barat…

    Kasian…

    Mungkin juga ya Don. Aku kadang berpikir, apa sebetulnya di dalam hati kebanyakan orang Indonesia, mereka tidak bangga dengan karya bangsanya sendiri ya? Dan membayangkan Indonesia punya satu budaya asli itu, rasanya masih jauuuuh…

  6. Saya suka dengar lagu…tapi nggak ada yang hafal. Dan yang disetel di rumah sekarang, lagu-lagu untuk Ara (cucuku yang berumur 15 bulan)….dia ikut nyanyi walau cuma ngoceh dan ngegol…hihihi lucu sekali.

    Btw lagu rasa merasa bagus..ada unsur jazz nya ya…
    Kalau TV seringnya juga menyetel chanel Baby First..kadang pengin nonton di Fox Family, atau Star World……males lihat TV Indonesia, terutama yang urusan berdebat nggak jelas itu…..
    Sebetulnya ada beberapa acara TV yang menarik….cuma kerjaan masih menyita waktu (pengangguran banyak acara)

    Bu, yang menurut saya keren adalah, lagu Rasa Merasa itu nggak pakai alat musik. Cuma pakai mulut saja mereka. Jadi mereka menirukan bunyi alat musik.

Leave a Reply

