Ke Mana Lagu Indonesia?

Nggak, aku nggak mengigau kok tanya seperti itu. Aku masih di Indonesia, dan masih suka mendengarkan lagu Indonesia. Lalu kenapa tanya seperti itu?

Begini, selama ini aku kan mengandalkan radio di rumah. Masih belum niat beli televisi sih. Dan kurasa selama aku di Jakarta, radio saja masih cukup. Lagi pula, dengan adanya internet, aku merasa nggak ketinggalan berita banget. Radio dan internet itu cukup bagiku. Nah, lewat radio itu aku mendengarkan lagu-lagu Indonesia. Biasanya sih yang sering aku dengarkan adalah I-Radio. (Sekarang sih jam dengarku tidak selama dulu. Kadang aku pengin suasana sepi, jadi radio kumatikan.) Radio itu hanya menyiarkan lagu-lagu Indonesia. Jadi, aku cukup tahu lah lagu-lagu Indonesia. Nah, jadi pertanyaanku tadi basi dong?

Kayaknya nggak deh. Lalu, kenapa?

Pertanyaan itu muncul ketika aku sedang di luar rumah. Misalnya di tempat perbelanjaan atau di mal. Biasanya yang diperdengarkan adalah lagu asing. Jarang rasanya mendengar lagu Indonesia jadi musik latar yang diputar di mal atau pusat perbelanjaan. Padahal kupikir masih ada lagu Indonesia yang bagus (walaupun jujur saja sekarang muncul lagu-lagu Indonesia yang menurutku musiknya kurang begitu kaya dan begitu-begitu saja). Atau kalau tidak lagu, musik instrumental buatan orang Indonesia ada yang bagus-bagus. Misalnya, karya-karyanya Jubing.

Rasa-rasanya lagu-lagu orang Indonesia yang bagus, juga kurang mendapat tempat. Misalnya, kamu pernah tahu lagu Rasa-Merasa? Bagus sih menurutku. Kurasa lagu ini tidak tampil di acara musik yang sering ditayangkan di televisi, kan? Kaya gini nih lagunya:

Jadi, di mana ya lagu atau grup musik Indonesia yang bagus sering tampil? Ada nggak sih panggung atau media yang menampilkan lagu atau karya-karya anak bangsa yang berkualitas?