Setelah Sekian Lama

Kalau melihat catatan tanggal di blog ini, aku mulai mengisi blog ini sejak tanggal 22 Oktober 2009. Baru sekitar lima tahun. Belum terlalu lama, ya. Dan blog ini pun mengalami pasang surut. Tapi di antara blog-blogku yang lain, blog ini termasuk yang paling sering kutengok dan kuisi.

Dulu setiap kali ada orang yang tanya kepadaku, “Untuk apa ngeblog?”, jawabanku adalah: “Buat cari teman.” Ya, memang blog ini awalnya kubuat ketika aku awal di Jakarta. Pas aku suka galau gitu, deh. (Kaya sekarang enggak galau aja? Hehehe.) Dulu sih, aku merasa ngeblog itu asyik. Eh, sampai sekarang juga asyik kok. Tapi begini, dulu aku memang lumayan sering blogwalking lalu tulis komentar di beberapa blog. Akibatnya, blogku juga balik dikunjungi dan diberi komentar. Rasanya senang. Kemudian aku menulis, salah satunya adalah dengan tujuan agar dibaca orang. Ya iyalah, toh ini bukan blog yang diseting privat kan. Semua orang bisa membacanya. Tapi itu dulu.

Sekarang aku merasa, tujuanku ngeblog lebih untuk diri sendiri. Egois? Hmmm… Entahlah. Tapi aku sekarang lebih ingin menulis terutama untuk diriku sendiri. Untuk pengingat. Untuk catatan bagi diriku sendiri. Dan lagi blog ini tetap bisa dibaca umum, jadi kalau apa yang kutulis ini bisa bermanfaat untuk orang lain, ya syukur. Kalau ada yang mau memberi komentar, silakan. Asal komentarnya masih nyambung dengan isi tulisanku dan bahasanya bisa dipahami (karena kadang ada yang tulisannya tidak jelas), ya oke saja.

Aku sudah jarang sekali blogwalking. Kalaupun aku main ke blog teman-teman yang lain, biasanya sekarang aku hanya jadi silent reader. Pembaca diam-diam.šŸ˜€ Jadi penikmat saja.

Satu hal yang menjadi catatanku, menulis blog itu baik. Dengan menulis blog, pertama-tama kita belajar mengungkapkan pikiran dan (kadang) perasaan. Blog bisa jadi media untuk urun pendapat. Kalau dulu opini biasanya kita baca di koran, sekarang kita bisa menuliskan opini di halaman kita sendiri. Kedua, lewat blog kita bisa berbagi bermacam-macam hal. Bisa berbagi resep, berbagi pengalaman, berbagi informasi. Kadang kalau aku sedang googling untuk mencari suatu informasi, aku menemukan informasi tersebut dari suatu blog.

Jadi, akhir kata… aku berharap aku masih bisa tetap ngeblog. Walaupun kadang malas sekali menulis; walaupun kadang merasa tidak punya waktu… setidaknya blog ini kutulis untuk diri sendiri.

4 thoughts on “Setelah Sekian Lama

  1. Rehat bagi saya tidak masalah. Setelah rehatnya selesai, langsung bangkit lagi untuk menulis lagi. Mari kita sesaki dunia maya dengan kata-kata

    Terima kasih atas dorongan semangatnya.šŸ™‚

  2. Sama Jeng, kalau lagi pengin mandeg saya juga mandeg asal nggak mandeg greg aja.
    Salam

    Iya, saya juga nggak pengin mandeg greg. Saya tetap merasa butuh ngeblog…šŸ˜€

  3. Duhh kenapa ya kok semua jadi males ngeblog? Kecuali Imel kali….
    Rasanya tak seperti dulu….tapi memang, dulu ngeblog tujuannya untuk mengisi waktu.
    Sekarang jarang menulis, hanya kadang2 saja….apalagi sejak ada si kecil, waktu habis untuk main dengan si kecil Ara.

    Semangat lagi yukk

    Iya, Bu Enny. Yang paling rajin sepertinya Mbak Imel dan DV. Plus Arman sepertinya ya? Saya ngeblog akhirnya juga untuk iseng. Buat mencatat untuk diri sendiri, biar tidak lupa.

Leave a Reply

