Catatan 3 Januari

Kalau GIGI punya lagu berjudul “11 Januari”, aku memilih hari ini, tanggal 3 Januari sebagai hari pertama untuk menulis di blog ini. Kenapa? Karena ini Jumat Pertama? Ah, pokoknya aku suka saja dengan tanggal 3 Januari.๐Ÿ™‚

Sebetulnya aku agak capek karena baru tadi sore aku tiba di Jakarta lagi setelah sekian hari yang lalu aku habiskan untuk “ngepuk-puk” diriku di Jogja. Tapi kalau aku tidak menulis di blog sekarang, nanti bakal keterusan deh malasnya.

Jogja memang bukan kota kelahiranku. Di sana “hanya” ada kakakku, tapi aku merasa kerasan sekali di sana. Lagi pula, aku cuma punya satu saudara kandung, jadi aku merasa dia juga menjadi satu tempatku untuk “pulang.” (Dan ketika pulang kemarin aku baru menyadari bahwa ternyata kami punya banyak kemiripan, salah satunya soal rambut yang memutih dan pusaran rambut di dahi. Selama ini aku merasa aku tidak mirip dengan kakakku.) Bahkan ketika aku ditanya “Apa peristiwa menyenangkan yang ingin kamu ulangi?”, maka jawaban yang seketika tergambar di kepalaku adalah ketika aku memasuki jalan kecil menuju rumahku di Jogja. Jalan kecil itu seperti membawaku ke suatu dunia yang damai, tempat aku bisa meletakkan kepala. Eh, sebetulnya itu rumah bersama ding. Rumah kakakku, rumahku, rumah (jujugan) Bapak-Ibu. Rumah kami bersama.

Aku merasa tahun ini aku agak terlambat memulai hari. Mestinya dari kemarin-kemarin aku mulai “berlari” mengejar ketinggalan-ketinggalanku. Tapi yah, selalu ada alasan untuk menunda, bukan? Jadi, di tanggal 3 Januari sekitar pukul 9 malam ini aku ingin menulis di blog ini, setidaknya untuk “pemanasan” mulai berlari. Bisa nggak ya? Kalau kata ibuku, mesti “niat ingsun” alias benar-benar punya niat kuat. Masalahnya, aku ini memang pemalas. Huh!

Aku tidak membuat rencana khusus tahun ini. Kalau pun ada, aku mau mencatatnya secara pribadi. Malu kalau gagal.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Tapi satu hal yang ingin kulakukan adalah aku ingin lebih rajin mencatat. Mencatat perjalanan hidupku. Jadi, aku tidak hanya mengandalkan ingatanku yang payah ini. Lagi pula, bulan lalu aku dapat agenda. Kalau tidak dipakai, buat apa coba?

Saat membuat tulisan “ngalor-ngidul” ini aku teringat sebuah film terakhir yang kutonton tahun lalu. Judulnya: About Time. Film itu tentang Tim yang punya kemampuan untuk kembali ke masa lalu. Kemampuan itu semacam “warisan genetik” dari ayahnya. Ketika dia tahu dirinya punya kemampuan itu, dia pun memanfaatkan salah satunya untuk… menggaet gadis yang ditaksirnya, Mary. Awalnya dia sempat gagal mendapatkan gadis itu. Ya waktu kadang berjodoh, kadang tidak dengan keinginan kita. Akhirnya dia memang bisa memperistri Mary… setelah beberapa kali kembali ke masa lalu. Tapi yang menjadi gong cerita itu adalah ketika dia mulai memahami “rahasia waktu” dan kaitannya dengan kebahagiaan. Di situ dikatakan bahwa kebahagiaan itu bisa kita rasakan ketika kita menyadari dan memperhatikan keadaan sekeliling kita. Kalau pakai bahasaku: kini dan di sini. Atau mungkin kalau aku mencoba memakai bahasa lainnya: mindfulness. Kira-kira begitu deh.

Pesan dari film itulah yang sampai sekarang masih menempel di kepalaku: Sadar, perhatian penuh. Itu PR-ku.

Jadi? Jadi, semoga hari ini adalah awal yang baik. Setidaknya aku berhasil mengalahkan kemalasanku untuk menulis di blog.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

4 thoughts on “Catatan 3 Januari

  1. Semangat!!!
    Kadang kita harus menyemangati diri sendiri…
    Nulis di blog sudah kacau balau, sejak saya punya usaha bareng teman-teman…
    Dan setelah review blog, saya sadar, akhir-akhir ini terlalu banyak tulisan yang ringan-ringan, perjalanan, walaupun tetap bisa sharing, namun lebih mengena jika tulisan merupakan info yang bermanfaat bagi orang lain…..

    Semangat Menik….tapi yang penting kita menyukai aktivitas kita, yang membuat kita bahagia.

Leave a Reply

