Kehangatan di Suatu Sore

Hari menjelang senja. Aku tak ingat jam berapa waktu itu, tapi kalau tak salah pukul 17.00-an. Sebuah pesan pendek masuk ke ponselku.

Halo, Kris. Apa kabar? Lama kita tidak berkontak ya. Bolehkah aku meminta alamat emailmu lagi? Kemarin komputerku rusak, dan alamat emailmu tidak bisa kutemukan lagi. Ada tautan yang menarik soal XYZ… Aku ingin mengirimkannya untukmu.

Pesan pendek itu dari seorang ibu, rekan penerjemah. Kami belum pernah bertemu. Relasi kami bermula ketika ibu itu menjadi penerjemah lepas untuk kantorku dulu. Selanjutnya, kami hanya berkontak lewat email. Memang sudah agak lama aku tidak mendengar kabarnya. Dan kini, meskipun aku sudah lama keluar dari tempat kerja, ibu itu masih mengontakku meskipun hanya untuk “say hello”. Selama ini relasi kami mungkin hanya relasi ringan. Maksudku, aku tidak pernah bercerita tentang hal-hal yang terlalu pribadi kepadanya. Begitu juga dia.

Tapi aku senang ketika ibu itu mengirimiku SMS beberapa hari yang lalu. Mungkin pesan itu sederhana dan biasa saja. Tapi satu hal yang membuatku tersenyum yaitu aku merasa diingat olehnya. Dan aku yakin ibu itu melakukannya dengan tulus. Diingat oleh seorang teman yang jauh ternyata membuat hatiku terasa hangat. Bagiku, ini pelajaran penting. Mengingat teman lama yang jarang sekali kita temui dan menyapa dengan tulus itu bisa membuat orang lain (teman kita) merasa senang. Ini hal sederhana yang bisa dilakukan siapa saja.

Aku pun segera membalas pesan pendek itu tak lupa aku mengucapkan terima kasih kepadanya. Semoga dia juga merasakan kehangatan dari SMS yang kukirimkan sore itu.

Leave a Reply

