Bagaimana Membuat Blog?

Jujur saja, aku jarang mendapat pertanyaan seperti ini. Yang justru sering kukatakan adalah, “Kamu bikin blog dong!” Dan biasanya orang yang kukasih saran seperti ini manggut-manggut. Ada yang kemudian langsung membuat blog–walaupun jarang ini terjadi. Ada yang setelah kuberi tahu langkah-langkah untuk membuat blog, orang itu tidak kunjung memunculkan blognya. Hmm, barangkali disetel jadi private? Entahlah.

Tapi kira-kira dua atau tiga minggu yang lalu seorang teman bertanya kepadaku: “Bagaimana sih caranya membuat blog? Pengin deh punya blog yang bagus.”

Menurutku pertanyaan ini sederhana jawabannya: “Just do it!” Maksudku, kalau mau membuat blog, ya buat saja. Bikinnya bisa sekarang, tidak perlu nanti. Menurutku, untuk memiliki blog, caranya semudah membuat akun e-mail. Itu menurutku lo, ya. Karena aku kan pakai blog gratisan.😀 Jadi, tinggal buka penyedia blog gratis, lalu buat akun di situ. Misalnya dengan membuka akun di wordpress.com atau blogger.com. Sederhana kan? Lebih baik kalau kamu sudah punya persediaan tulisan (dalam bentuk file MS Word atau notepad) dan/atau foto. Begitu sudah punya akun blog, pasang deh tulisan atau foto-foto tersebut.

Barangkali yang agak “menakutkan” untuk orang yang baru hendak membuka akun blog, itu adalah perintah-perintah di dalam blog itu sendiri. Eh, iya begitu nggak sih? Ini sih aku sok tahu saja. Hehe. Mungkin ada yang masih belum mengerti, bagaimana sih caranya agar memiliki blog dengan tampilan ciamik, meling-meling, dan membuat semua orang terpesona? Mungkin ada bertanya soal apa itu header, widget, blogroll, dll … tenang, semua itu ada petunjuknya kok kalau kita sudah membuka akun blog. Kalau masih belum mengerti, silakan bertanya kepada narablog kawakan yang bertebaran di dunia maya ini. Banyak kok narablog yang akan dengan senang hati membagikan ilmunya.

Ya, penampilan blog yang cantik atau ganteng itu tergantung si pemilik. Maksudku, ini sebetulnya tergantung apakah si pemilik pintar mendandani blognya atau tidak. Kalau aku sih barangkali termasuk pemilik blog yang sederhana saja. Masih kurang pinter berdandan.😀 Aku sendiri lebih menyukai “isi” blog ketimbang “dandanannya.” Kalau blog itu tampak cemerlang, bagiku itu karena tulisannya atau bobot isinya. Soal warna dan gambar yang dipasang, itu kurang penting bagiku. Mungkin karena aku lebih menikmati tulisan ya. Aku pribadi lebih suka blog dengan penampilan sederhana, tapi tulisannya menarik, unik, memberi inspirasi, atau memberi pengetahuan baru. Ibaratnya, tidak apa-apa deh cuma pakai bedak saja, tidak usah pakai eye-shadow atau lipstik, asal inner beauty-nya bisa terlihat. Lagi-lagi, itu kalau menurutku lo ya. Setiap orang pasti punya pendapat masing-masing.

Maka, menurutku … membuat blog itu sederhana saja. Siapkan tulisan dan/atau foto. Buka akun blog. Pasang tulisan dan/atau fotomu di situ. Selanjutnya, yang lebih penting lagi adalah ketelatenanmu dalam merawat blog tersebut, salah satunya adalah dengan rajin memuat tulisan dan/atau foto yang baru. Selain itu penting juga membangun jejaring dengan narablog yang lain dengan berkunjung dan berkomentar pada blog teman yang lain. Kurasa seiring dengan berjalannya waktu kita akan lebih cerdas lagi dalam mengelola blog kita sendiri.

Jadi, bagaimana caranya membuat blog? Buat saja!

*Ini hanya sekadar tulisan ala kadarnya dari pemilik blog yang masih dalam tahap belajar. Kalau kalian mau berguru pada blogger yang lebih jago, sangat disarankan. Pasti kalian akan dapat ilmu yang lebih banyak lagi daripada sekadar tulisan sederhana seperti ini.*

11 thoughts on “Bagaimana Membuat Blog?

  1. Bagiku membuat blog itu cemen. Yang sulit justru mengisinya. Kesulitan berikutnya adalah mendatangkan pengunjung. Kesulitan yang top markotop adalah bagaimana mempertahankannya agar tidak jadi kuburan tulisan >.<

    Hehe, iya yang sulit itu justru merawatnya. Kalau mendatangkan pengunjung sepertinya social media seperti FB atau Twitter sangat membantu. Iya nggak sih? Selain itu, pintar-pintarlah berkawan dengan narablog yang lain. *peringatan kepada diri sendiri*

  2. Setuju ama Dina tuh Kris…
    Emang bikin blog mah gampaang…
    Cuman ya gitu itu deh, bertahan supaya tetep eksis nya itu yang butuh usaha:-)

    Dan kendala mem publish blog di twiter dan FB adalah komen nya jadi berserakan di mana-mana..hihihi…

    Belakangan ini kadi kebanyakan yang komen di fb ato twiter ku daripada di blog ku..hiks..

    Kalau soal eksis mah kayaknya aku perlu berguru padamu, Erry… hihi.🙂

  3. uwiiiiiihh….pelajaran keren nih mbak Menik……
    hmmm…..aku bs ga ya??? hehee

    pasti bisa, oma! (eh, bener kan kamu dulu dipanggil oma waktu di asrama? maap, lupa2 inget nih.)

  4. Hehehe…malu nih Menik
    Blog yang bikin anakku di akhir tahun 2006, saat saya mulai menjalani MPP (Masa Persiapan Pensiun), maksud anakku agar saya punya kesibukan, yang saat itu tak tahu mau ngapain setelah pensiun.

    Jadi sejak awal ya tampilannya seperti itu, nggak ada yang diubah….dan karena si bungsu makin sibuk….ya nggak sempat bantu membenahi tampilan…semoga pas saya nengok kesana (pertengahan April ini), punya waktu untuk memperbaiki.

    Mengisi blog? rasanya makin ajrut-ajrut an deh…lha waktu aja mesti akrobat…dari mulai coba-coba…dikira dulu hanya untuk ngisi waktu, ternyata sekarang dikejar deadline, demi dead line…….ya sudah yang penting sesempatnya aja. Bahkan acara BW juga kacau balau…tapi saya tetap tak lupa sama teman-teman lama di blog…jika pas ada waktu saya sesekali menengok.

  5. aku juga cuma ceklak ceklik sendiri saat bikin blog.. Nggak tahu banyak dan nggak ada tempat bertanya Mbak.. ah coba cobain sendiri saja.. Lama kosong nggak punya teman.. cuma ngoceh sendirian..lha..wong nggak ngerti blog walking dan nggak kenal seorang blogger lainpun he he.. bodoh ya? ..

  6. Iya Kris … Buat Saja !!!
    Itu kata yang tepat …
    sebab saya rasa … instruksi yang harus dijalankan sudah demikian jelas …
    masalah selanjutnya adalah … bagaimana “mengisinya” … dan kalau bisa … “meramaikannya”

    Salam saya Kris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s