Hidup Sehat, Susah-susah Gampang

Sejak awal Januari, badanku benar-benar tidak fit. Kuhitung sudah tiga kali aku ke dokter gara-gara flu. Temanku bilang, kalau flu obatnya istirahat saja. Dia tidak pernah ke dokter kalau flu. Tapi aku kemarin terpaksa ke dokter. Soalnya aku sudah batuk-batuk dan kalau batuk, pasti asmaku kambuh. Huuuuh… sebel! Dan itu membuatku tidak bisa ngapa-ngapain kecuali tidur dan tidur. Lagi pula, obat dokter itu membuatku mengantuk.

Yah, memang aku merasa stamina tubuhku belakangan jelek banget. Ada aja sakitnya. Ini semua kurasa karena kurang olahraga–hampir tidak pernah lagi peregangan dan jalan pagi, kecuali kalau ke pasar (itu pun tidak setiap hari). Makanku juga barangkali tidak teratur, kurang sayur dan buah. Dan mungkin tanpa kusadari, barangkali aku stres. Memang sih ya, kadang aku tidak sadar kalau aku stres. Aku baru merasa kalau terlalu banyak pikiran saat meditasi. Dan, parahnya lagi … aku juga mulai jarang meditasi. Duh, parah deh!😦

Kadang aku sebal sendiri kalau aku sakit begini. Soalnya, aku jadi tidak bisa beraktivitas dengan baik. Nggak bisa kerja juga. Padahal kalau sehari tidak menyentuh pekerjaan, pasti bakal menumpuk deh kerjaanku.

Tapi sebenarnya sakit itu seperti sebuah teguran bahwa aku kurang memelihara tubuhku dengan baik. Dengan sakit, mau tidak mau aku harus beristirahat. Kurasa sakit juga perlu disyukuri, karena dengan begitu aku jadi sadar hal-hal penting apa saja yang selama ini aku abaikan.

Aku jadi ingat cerita temanku beberapa waktu lalu. Waktu dia sakit, dia ke dokter dan dibilang dia itu kurang gizi. Dia tersinggung. “Wah, mana bisa kurang gizi, tiap hari aku makan pasti ada lauknya,” begitu katanya. Yah, aku sih tidak tahu persis bagaimana dan apa yang dia makan. Mungkin dokternya salah, mungkin juga ada benarnya. Tetapi aku merasa ucapan dokter itu juga ditujukan buatku. Mungkin, aku kurang memerhatikan asupan gizi buat tubuhku. Sebetulnya kalau mau makan sehat, mesti banyak sayur kan ya?  Tapi mungkin cara masak sayurku yang kurang bagus. Misalnya, sayur sebaiknya masaknya tidak terlalu lama. Tapi, kalau masaknya kebanyakan biasanya kan diangetin supaya bisa dimakan lagi. Kurasa sebaiknya sayur sekali masak, dihabiskan langsung. Itu pikiranku saja, sih. Karena kupikir kalau berkali-kali dipanasi, kandungan gizinya pasti berkurang.

Kata kakakku, supaya kita sehat yang perlu diperhatikan adalah makan sehat, olahraga, istirahat cukup, tidak stres. Sederhana ya? Tapi bagiku, itu susah-susah gampang🙂

Hm, kalau kamu punya resep apa supaya tetap sehat?

14 thoughts on “Hidup Sehat, Susah-susah Gampang

  1. stresnya itu yg susah mbak😦
    klo mo hamil, gak boleh stres.
    lah? Emang stres diundang. wong datang sendiri. hehehe

    mau hamil atau tidak, stres itu menurunkan daya tahan tubuh, nique. kalau menurutku stres memang tidak diundang, tapi mungkin caraku menata pikiran dan mengelola masalah yang kurang pas🙂 dan, ya gitu … aku kadang nggak sadar kalau stres.😀

    • Eh, stress itu diundang lho.🙂
      Percaya deh, kita punya pilihan mau stress atau ga.🙂

      Kalo saya menjaga kesehatan sih biasanya cuma banyak makan sayuran lokal, alias tanaman sendiri, bebas pestisida. Kalo yang lainnya standar.

  2. resep sehat ya betul tulisan mb kris, makan makanan sehat, tidur cukup, olahraga teratur dan tidak stres – artinya mampu menata hati dengan baik….ga gampang memang, dari segi makanan aja kita sudah kadang semaunya, tidur ? mana bisa cukup, wong mesti nemenin anak2 buat PR smbl nyuci baju dan cuci piring, hehe…olahraga ? wah itu lagi, pagi udah kejar2an waktu….tidak stres ? hm apa bisa ya, kadang kalau sdh capek, ya jd gampang marah…hehe

    buat aku sekarang, ya dijalani aja, njalani resep sehat sempurna, walau sulit, tetap dicoba, kalau bisa makan yang sehat, cukup tidur dan olahraga walau seminggu sekali dan ngurangi marah2….🙂

  3. Resepnya seperti yang jeng Kris tuliskan, makanan sehat, istirahat cukup, olah raga dan menata pikiran. Yang sulit menerapkan kedisiplinan melaksanakannya. jaga kesehatan ya jeng, slamat berkarya, salam

  4. Teori hidup sehat itu gampang… tapiiii…prakteknya ya itu, gampang-gampang susah… Nggak ada orang yang kepengen stress, tapi ya tetep aja ada masanya orang menjadi stress waktu menghadapi saat-saat sulit. tergantung cara menyikapinya gimana…
    Aku nggak ada tips khusus, Nik… ya gitu… tahu dan khatam teori, prakteknya embuh hehehehe…

    Ada tips sederhana nih untuk mengatasi flu. Syaratnya harus tahan bau bawang merah😀
    caranya ambil segenggam bawang merah, kupas semua, Setengahnya dibelah 2 atau 4, taruh di mangkok terbuka, trus diletakkan di samping tempat tidur.
    Kalau sedang kerja, letakkan di meja dekat komputer. Bawang merah itu akan menyerap kuman dan (virus?) flu… cepet sembuh tanpa terlalu banyak obat… kalau udah 3 hari, bawang dibuang dan ganti yang baru.. bawang bekasnya jangan digoreng! hahaha…
    Semoga berguna, Nik… get well soon ya…

  5. Olahraga, makan mencoba untuk selalu diperbanyak yang menyehatkan.. dan yang terpenting, pikiran… memikirkan hal yang sehat dan lepaskan beban terkadang membantu untuk hidup sehat🙂

  6. Yang berbahaya kalau sakit itu karena stres, tapi kita tak merasa. Saya pernah sakitan, mirip Menik, terus atasanku bilang..”Kayaknya kamu stres, coba deh periksa.” Rasanya sebel dibilang begitu, tapi setelah saya pikir betul juga, karena saat itu pikiran saya banyak bercabang, anak lagi masa remaja, pekerjaan penuh, suami di luar kota.

    Saya baru bisa bangun hari ini, setelah tiga hari terkapar, sebabnya kelelahan….dan flu sekarang ganas, demamnya tinggi sekali, sampai terasa sesak napas dan nggak bisa tidur semalaman, Susahnya lagi, saya mesti pakai masker, tak berani keluar kamar, karena ada cucu….dobel2 deh repotnya. Alhamdulillah, sekarang sudah mendingan.

    Cepat sembuh ya Menik….mungkin perlu dianalisis lagi kegiatanmu….macet dijalan juga bikin stres lho.

  7. kalo aku boleh kasih tips untuk hidup sehat nih mba…
    BAnyak banyaklah nonton drama korea mba…hihihi…
    soalnya efek samping dari nonton drama korea itu sesudahnya bisa menimbulkan perasaan bahagia dan melayang layang mba…dijamin sehat terus deh…hihihi…
    *tips maksa*

  8. Ngikik😉 gizi itu bukan perkara lauk aja, tapi memang tercukupinya kebutuhan tubuh oleh asupan makanan. Saat ini aku usahain makan banyak sayur, minum air putih dan mengurangi karbohidrat mbak. Protein di dapat dari lauk pauk. Lalu ditutup dengan tidur cukup. Udah, itu resep sehatku🙂

    apa kabar mbaaak?

Leave a Reply

