Mau Nulis Seperti Apa di Blog?

Sebenarnya aku cuma ingin bercerita tentang kejadian sekitar 1 tahun lalu. Waktu itu aku sedang jalan-jalan di Bandung. Singkat, kata … aku dan suamiku pengen mampir ke sebuah toko buku. Seingatku waktu itu toko buku yang hendak kami datangi itu sedang ada promosi atau apaaa gitu. Lupa deh. Aku cuma baca sekilas informasi itu di milis.

Kupikir orang seantero Bandung tahu tentang toko buku itu. Jadi, sebelum berangkat ke Bandung aku tidak mencatat apa pun tentang alamat atau ancer-ancer lokasi toko buku itu. Nanti gampang lah tanya temen yang kujumpai di Bandung.

Sesimpel itukah? Ternyata tidak, Sodara-sodara!

Waktu itu, sebelum berangkat aku cuma tanya ke seorang teman, “Eh, kamu tahu toko X?” Temanku menggeleng. Yak, jawaban yang singkat dan tepat! Seratus. Oke, nggak apa-apa. Nanti sambil jalan saja tanya orang lagi. Waktu itu aku cuma ingat nama daerahnya. Jadi, aku cuma naik angkot ke daerah itu dan berpikir akan menemukannya dengan mudah. Tapi ternyata tidak ada yang tahu!

Huuu… Gimana nih? So, mesti tanya ke siapa lagi?

Tak lama kemudian, aku melihat ada sebuah warnet. Daripada pusing-pusing, aku masuk ke warnet itu dan bertanya ke mbah Google. Yuhuuu… dalam hitungan detik, aku mendapatkan informasi yang aku butuhkan. Untuk informasi itu, aku cukup membayar 1.000 rupiah. (Tarif minimal warnet segitu kan?) Seingatku, waktu itu aku mendapat informasi itu dari sebuah blog.

Pengalamanku itu masih sangat membekas. Dan ini berkaitan dengan pemikiranku mengenai banyaknya informasi di dunia maya. Tapi kadang saking banyaknya, informasi yang ada justru membuat kita tersesat. Tersesat? Iya, karena kadang informasi yang ada justru hanya sebuah pancingan supaya kita masuk ke situs tertentu yang isinya cuma–sorry–jualan yang nggak jelas. (Jualan di internet sah-sah saja kok. Tapi kalau yang dijual tidak jelas, itu yang bikin males.)

Nah, aku pikir … menulis hal yang berguna di blog, yang berisi informasi penting dengan bahasa yang enak, bisa jadi salah satu pilihan jenis tulisan yang akan diposting di blog. Boleh-boleh saja menulis yg isinya curhat. Tapi kalau bisa sih, curhat yang membangun, yang bisa ditarik manfaatnya oleh orang lain. Apalagi kalau tulisannya enak dimengerti, dengan font yang ramah di mata. Soalnya kadang aku mendapati blog yang amburadul–ya bahasanya, tampilannya, atau isinya. Hiks, dengan sangat terpaksa, aku akan skip blog itu. Baca aja males apalagi mau komentar.

Well, aku mau blogwalking lagi ah…

27 thoughts on “Mau Nulis Seperti Apa di Blog?

  1. HIKS, MAAFKAN AKU KALAU TULISANKU AMBURADUL DAN BIKIN MALAS ;____;

    Besok akan ku pajang alamat rumahku dengan jelas deh, biar kelak kalau kamu mau bertamasya kesini nggak kesasar!

    • review? hmmm… mungkin lain waktu kutulis reviewnya. atau setidaknya aku tulis blog2 macam apa aja yg kukunjungi ya. thx idenya๐Ÿ™‚

  2. Setuju Kris. Menurutku, tulisan di blog harus memberikan manfaat bagi orang lain, entah itu berupa informasi, ataupun renungan.

    Ma’af, aku lama nggak mampir kesini. Lagi ‘bertapa’ nih, jadi sangat mengurangi blogwalking maupun posting.

  3. Setuju Kris….ide Donny menarik juga….jadi seperti saya nihh, apa sebetulnya yang diinginkan oleh pembaca. pernah saya begitu getol menulis tentang manajemen, tapi ada yang menyurati lewat email, lebih suka tulisan yang remeh temeh namun terkadang berguna…wahh jadi bingung nih apa ya sebaiknya isi blog?

  4. Blogku isinya curhat semua, Mbak..๐Ÿ™‚

    Tapi sama seperti mbak Kris bilang, kalo tulisannya amburadul dengan huruf yang tidak ramah di mata, belum-belum udah aku tinggalin… hehehe…๐Ÿ™‚

    • hehehe, blogku jg ada yg curhat kok :p tapi soal font dan pilihan warna blog mempengaruhiku saat berkunjung ke blog seseorang. kalau isinya jelek, fontnya juga amburadul… lupakan deh


  5. Tujuan orang ngeblog kan macem2 mbak..
    Ada yg cari duit, berdakwah, jualan, curhat, dll..
    Kalo saya sih pengen nambah temen, nulisnya juga suka2..
    Hi..hi..

  6. Jujur nih Kris …
    Saya dulu sangat bernafsu ingin membuat Blog saya bermanfaat bagi orang lain …
    Namun ada suatu masa dimana saya justru dihantui oleh perasaan itu … akhirnya … malah jadi “stuck” ndak bisa nulis …

    Akhirnya saya mencoba untuk melepaskan barier itu …
    dan prinsip saya selalu … tulis apa saja … yang penting … Nggak Bohong, Nggak Nyontek dan Nggak Jorok … (and One Page Only …)

    Syukur-syukur bisa diambil manfaatnya oleh pembaca …

    Salam saya

    • nah, yang penting adalah … bisa diambil manfaatnya oleh pembaca. mungkin bahasa saya: “menjadi garam” di dunia maya, walaupun cuma duikiiit banget๐Ÿ™‚

  7. Nambah ya Kris …

    Kadang kita sering menganggap …
    “รคh malu ah … gitu aja kok di tulis sih … ”
    “ah cemen … nggak ah aku ndak mau nulis tentang itu …”

    But we never know …
    Ternyata … tulisan kita yang kita anggap sepele itu malah justru berguna bagi orang lain …

    Salam saya

  8. Ya seperti yang mas trainer bilang, kadang kita bermaksud memberikan informasi, tapi ternyata respondnya tidak ada/kurang.
    tapi yang rasanya tidak ada manfaatnya, malah banyak yang komentar.
    Tapi aku setuju bahwa blog adalah penggambaran karakter si penulis. Dan kita tidak harus sejalan/setuju/menyenangi sebuah blog kan?
    Seperti si penulis suka-suka menulis, bisa saja si pembaca suka-suka memilih blog yang ingin dibaca.

    EM

    • memang sih Mbak, kadang kita udah susah2 ngasih informasi, tp respon sedikit. Tapi barangkali si pembaca juga agak kesulitan untuk memberi respon utk tulisan yang isinya informasi atau agak berat… nggak terbiasa kali. dan kadang aku pikir, mau dikasih respon atau tidak, itu tidak masalah. setidaknya kita bisa memberikan yg terbaik, atau menjadi garam lewat tulisan2 kita. haiyaaah… tinggi banget ya cita2nya :p

  9. Aku sering loh forward postingan-mu, biar makin banyak orang yang tahu bahwa kamu pinter nulis…๐Ÿ™‚ dan udah nulis buku pula…. keep it up, sis!

Leave a Reply

