Hari Baik

Aku orang Jawa. Jadi, masih sering mendengar istilah “hari baik”. Hari baik untuk bepergian, untuk memulai bisnis, dan semacamnya, yang disesuaikan dengan weton atau hari lahir. Tapi biarpun aku orang Jawa dan sering mendengar istilah hari baik, jangan tanya padaku mengenai hari baik ya. Aku sama sekali tidak tahu.

Tapi hari ini aku merasa hari ini adalah hari baik. Aku merasa mengalami banyak keberuntungan hari ini. Semua berjalan lancar, hampir tak ada hambatan. Dan ada “kado-kado” sederhana yang membuatku tersenyum. Tidak, aku tidak berulang tahun seperti Mbak Imelda yang merayakan hari kelahirannya pada hari ini. Tapi entah mengapa sepertinya ada banyak kado menarik yang disodorkan kepadaku–tanpa kusangka-sangka.

Salah satu kado sangat istimewa yang kuterima adalah sebuah buku dengan tanda tangan penulisnya. Buku apa sih? Judulnya Abad Bapak Saya, karya Geert Mak, yang edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh PT Suara Harapan Bangsa. Aku awalnya juga tidak tahu siapa Geert Mak itu. Tetapi kenapa ujug-ujug alias mendadak aku tertarik padanya sampai aku mendapatkan buku itu? Ah, ceritanya cukup panjang sebenarnya. Begini … awalnya adalah karena belakangan ini entah mengapa aku mulai menyukai buku-buku sejarah. Mungkin karena suamiku suka sejarah, jadi ceritanya, ini adalah minat yang menular–walaupun dia tentu lebih jago soal sejarah dari aku. Dan suatu siang, seorang teman, Mbak Retty, tiba-tiba menghubungiku via YM bahwa di Erasmus Huis akan ada lokakarya penulisan dengan penulis dari Belanda. “Menarik nih,” pikirku. Lagi pula dengan embel-embel “gratis”, makin bersemangatlah aku. Hehe. Tapi bagaimana caranya untuk ikut? Mbak Retty yang baik itu kemudian memberiku alamat email untuk pendaftaran plus link untuk mengetahui informasinya lebih lanjut.

Jadilah pagi ini aku ikut suamiku menembus kemacetan Jakarta untuk menuju Erasmus Huis. Hmm … cukup jauh sih sebenarnya. Dan biarpun dari rumah pukul 6 pagi, jalan raya yang paling dekat dengan rumahku sudah maceeeet. Jakarta … oh Jakarta! Tapi yo wis, aku nikmati saja kemacetan ini. Toh tidak tiap hari aku menghadapi kemacetan to? Akhirnya setelah melewati beberapa ruas jalan yang macet, mengisi perut dengan semangkuk soto, melanjutkan perjalanan dengan TransJakarta dengan sangat lancar, aku sampai di Erasmus Huis sekitar pukul 9. Setelah tanda tangan di daftar hadir, aku sempat melirik di meja seberang. Di situ berjejer buku berjudul Abad Bapak Saya setebal hampir 5 cm dan berukuran 32 x 15 cm. Wah, berapa harganya ya? Naksir berat pada pandangan pertama, apalagi itu buku sejarah berbalutkan sejarah keluarga Geert Mak, aku cuma membatin, “Duitku cukup nggak ya untuk beli buku itu?” Tapi rupanya hari ini sungguh-sungguh hari baik bagiku, buku yang kutaksir itu dibagikan cuma-cuma kepada para peserta! Huaaa… hampir saja aku melompat saking senangnya. Tapi ya malu dong, jaim dikit lah… Hihihi! (Di akhir acara itu, kulihat buku itu dijual seharga 80 ribu rupiah. Jadi, kalau buku itu diberikan cuma-cuma, sangat-sangat lumayan kan? :D)

Acara dimulai pukul 9.30. Peserta yang menurutku tidak terlalu banyak itu rupanya cukup antusias. Pertanyaan demi pertanyaan mengalir tak henti-hentinya. Jadi, ceritanya Geert Mak ini seorang jurnalis sekaligus sejarawan. Dan dia menulis buku ini dengan bahasa Belanda, bahasa ibunya. Buku yang dalam edisi bahasa Indonesia ini setebal 756 halaman, ditulis 15 tahun setelah ayahnya meninggal. Buku sejarah ini ditulisnya dengan menggabungkan sejarah keluarganya sendiri dengan sejarah Belanda pada abad ke-20. Cakupan buku ini cukup luas, mulai dari sejarah Belanda, sejarah Eropa, sejarah Indonesia, dan keadaan sosial budaya pada masa itu. Dalam buku ini dia bercerita soal timbulnya pengelompokan Katolik, Protestan dan Golongan Merah, krisis dan antisemitisme di tahun 30-an, dunia lain dari “Hindia kita”, perang di Eropa dan Asia, mentalitas pembangunan kembali impian tahun 60-an dan sifat penuh perhitungan sesudahnya. Buku ini ditulis dari sudut pandang keluarga yang biasa-biasa saja.

Sebagai seorang jurnalis kawakan, Geert Mak tidak menulis buku ini secara serampangan. Namanya juga buku sejarah, je …. Dia sudah pasti melakukan wawancara. Dan dia mengumpulkan artikel, berita koran yang terbit pada masa itu untuk mengetahui betul apa sih yang ada di benak orang-orang pada masa itu dan terutama ayahnya serta keluarganya. Baginya, aspek sejarah itu adalah apa pemikiran orang pada suatu masa serta mentalitas mereka. Dan karena ia memasukkan sejarah keluarga sendiri, dia juga mengumpulkan foto serta setumpuk surat-surat keluarganya. Tentunya dia sangat ketat dalam hal data untuk penulisan bukunya itu.

Geert Mak sendiri mengaku tak pernah mengira bahwa buku yang ditulisnya itu akan membawanya ke Indonesia dan duduk di depan kami. Buku ini sebenarnya ia tulis karena ia ingin menulis buku sejarah yang enak dibaca, mengingat saat ini banyak orang Belanda yang tidak mengetahui sejarah bangsanya sendiri. Dia sendiri memang suka menulis dan melakukan riset.

Pukul 12 acara usai. Dan kami disuguhi makan siang. Eh, sebelumnya aku mengantri mendapatkan tanda tangan di buku tulisannya itu, ding. Aku sepertinya berada di urutan terakhir pada antrian itu. Dan Geert Mak, saking antusiasnya, saat membubuhkan tanda tangan membuat robekan kecil di halaman depan di bukuku. Yah, tak apalah. Wong penulisnya sendiri yang merobekkannya. Hehe. Dimaafkan kok. Nanti tinggal aku tempel selotip saja supaya robekannya tidak makin lebar. Gitu aja kok repot…

Hari ini, selain bertemu Geert Mak dan Mbak Retty, aku sempat berkenalan dengan Dian seorang perempuan manis yang bekerja di sebuah kantor humas dan Pak Wendie yang mendirikan sekolah di bawah naungan Yayasan Keluarga Bunda, di Bekasi Selatan. Kami bertukar obrolan yang cukup mengasyikkan. Lalu, aku sempat juga ikut reriungan mengobrol dengan seorang bapak yang menjadi tour guide yang selalu bersemangat dan tampaknya pengetahuannya cukup luas. Well, bertemu dengan orang-orang yang bersemangat memang menyenangkan ya? Jadi, tak salah rasanya jika kusebut hari ini adalah hari baikku.๐Ÿ˜‰ Lagi pula, setiap hari adalah baik, kan?

ki-ka: Pak Wendi, Geert Mak, Mbak Retty Hakim, aku

foto bareng Pak Wendi, Geert Mak, dan Mbak Retty Hakim (foto diambil oleh Dian dengan memakai kamera Mbak Retty :D)

22 thoughts on “Hari Baik

  1. ah Kris … senang sekali harimu baik dan cerah hari ini. Turut merasakan senyum dan keakraban di hari ini, apalagi mendapat hadiah buku yang tidak murah itu.

    memang ada ungkapan dalam bahasa jepang juga, hari baik (tsuiteiru hi) dan hari sial (tsuiteinai hi). Tapi aku berharap semoga 99% hari-hari yang akan kita lewati adalah hari baik ya.

    EM

  2. Everyday is a good day. Walau faktanya pasti ada masalah setiap hari, pernyataan itu lebih cenderung ke sugesti diri, ada yang bilang pemikiran positif, motivasi dan juga Iman.

    Kalau kita selalu percaya ini hari baik, pasti deh sikap kita juga akan menjadi baik, bersemangat, dan makin mantap walaupun banyak tantangan๐Ÿ˜€

    Tapi memang ada kalanya hari baiknya benar2 baik seperti kamu huehehe.

    Itu Kado kupikir dikasih orang, eh ternyata kamu yang minta tanda tangannya langsung sama orangnya ya? Gak foto2 sekalian? hehehe.

    Sayang aku bukan pecinta buku๐Ÿ™‚

    • Betul, everyday is good day. Dan bertemu dengan orang2 yg menyenangkan membuat hari semakin baik. Hehehe.

      “Kado” itu buku gratis dari Erasmus Huis. Benernya kemarin sempet foto2. Tapi pake kamera teman (Mbak Retty). Belum punya kamera sendiri nih… biasanya kamera juga minjem :p

  3. Senang membacanya Kris…
    Sebetulnya di Jakarta banyak acara menarik, yang terpaksa tak dapat saya ikuti saat masih aktif bekerja.
    Dan acara tsb banyak pula yang gratis….lebih senang lagi jika bisa ketemu teman baru yang menarik di acara-acara seperti itu.

    • kemarin adalah pertama kalinya saya ke Erasmus Huis. di sana banyak acara menarik Bu. dan memang senang ya kalau bertemu orang2 baru yg punya minat sama๐Ÿ˜€

  4. saya juga dapet, ada tanda tangannya, tapi nggak sampe robek๐Ÿ™‚
    nggak nyangka bakal dapet buku pagi-pagi. saya menduga, kalaupun dibagi, sorenya pas peluncuran.

    • oh datang juga acara kemarin itu? iya, saya jg tidak menduga akan dapat bukunya. soalnya kan lumayan tebal dan cukup mahal (setidaknya utk kantong saya sih hehehe)

    • Iya, beruntung banget aku. Sekarang mulai banyak buku sejarah yg enak dibaca… dan pasti sejarah itu kisah nyata dong๐Ÿ˜€

    • Ini semacam dua kategori makanan kali ya: makanan yg enak dan enak banget. Masakan mamamu termasuk yg enak banget tentunya kan? :p

  5. Hehehe…hari baik untukku juga. Sudah dapat buku bertanda tangan (jarang sekali kudapat di acara sejenis) , masih dipuji baik pula oleh Kris (ehm…padahal itu kado dari Tuhan, aku terinspirasi kasih info ketika melihat YMmu karena ingat foto di FB tentang penulisan travel writing bareng pak Mula itu…jadi itu hadiah dari berbagi di jejaring sosial hehehe).

    Harimu benar-benar baik rupanya soalnya tidak menyinggung hujan badai yang turun siang itu (aku sampai pakai lampu hazard di jalan tol, dan terpikir bagaimana nih nasib buku baru yang dibawa Kris naik Trans Jakarta…aman rupanya).

    • Mbak, hujan deras baru turun ketika aku sampai rumah. Kapan2 kita ketemu lagi di acara yg berbeda ya Mbak… (jangan lupa bagi2 info hehe)

  6. ini mah bukan hari baik Kris, tapi hari yang menyenangkan dan menguntungkan, hehehe…๐Ÿ˜€

    aku turut bergembira atas kegembiraan yang dirimu peroleh Kris, sungguh…๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s