Obat Pengusir Bosan dan Suntuk

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman mengajakku chatting. Yah, sebagai teman lama, aku berusaha meladeninya dengan baik. Rupanya dia sedang bosan di tempat kerja. Bosan. Suntuk. Harap diketahui, temanku yang satu itu memiliki sebuah toko dan ia harus menjaga tokonya sepanjang hari. Eh, mungkin tidak sepanjang hari ding. Kalau tidak salah cuma dari pagi sampai sore. Dan begitu terus rutinitasnya setiap hari.

Aku bisa membayangkan bosannya menunggu toko. Sendirian di toko. Apalagi kalau tokonya sedang tidak ramai alias sepi pembeli. Wah, bisa mengantuk. Dan yang jelas, tidak bisa tidur seenaknya dong. Barang jualan atau uang yang ada di toko bisa disamber orang nanti. Kan reffoott….

Dia lalu bertanya kepadaku apa sih obat pengusir suntuk dan bosan?

Pertanyaannya itu membuatku teringat pada dua hal. Oke, kita bahas yang pertama dulu ya. Yang pertama adalah pada kebosanan yang kadang-kadang juga kualami. Aku tak tahu apakah aku termasuk makhluk pembosan atau tidak. Tetapi aku terkadang menganggap diriku pembosan. Kalau berada dalam situasi yang begitu-begitu saja, aku jadi bosan. Apalagi kalau terlibat dalam suasana di mana aku jadi “penonton” saja dan tidak bisa ikut berinteraksi di dalamnya. Misalnya nih, berada dalam obrolan bersama teman dan aku tidak tahu apa yang mereka obrolkan. Yah, kan males banget to? Atau berada di suatu tempat dan mengerjakan hal yang itu-itu terus … lama-lama bosan juga. Misalnya, berada di rumah terus selama lebih dari tiga hari dan aku cuma di depan komputer terus, lama-lama bosan juga.

Lalu, apa yang biasanya kulakukan? Dulu kalau di Jogja, aku biasanya akan menggelandang motorku ke halaman, dan weeerrr … aku lalu pergi ke mana hati ingin pergi. Kadang ke toko buku, kadang iseng ke kos teman, kadang saat di jalan ingat ada barang yang perlu kubeli, ya mampirlah aku ke toko. Dan biasanya baru beberapa ratus meter saja, rasa bosanku sudah hilang. Sudah segar lagi. Jadi, begini jawabanku kepada temanku tempo hari, “Jalan-jalan aja. Ganti suasana.” Nah, sekarang kalau di Jakarta, berhubung tidak punya motor, aku biasanya mengusir rasa bosanku adalah dengan belanja ke pasar. Hi hi. Emak-emak banget ya! Di pasar, walaupun terkadang becek dan kumuh, aku bisa merasakan semangat para penjual yang sepertinya tidak pernah lelah menawarkan barang dagangannya. Asyik juga lo! Karena itu biasanya aku tidak belanja banyak. Jadi, dalam dua atau tiga hari, aku harus ke pasar lagi untuk membeli bahan makanan untuk dimasak.

Kedua, selain mengingatkanku pada kebosanan dan rasa suntuk yang kadang juga aku alami, pertanyaan temanku tadi mengingatkanku pada kata-kata Mas Yanuar Nugroho saat dia memberi seminar di Driyarkara hari Selasa lalu (10/11/09). Dia mengatakan kira-kira begini, “Jangan terlalu GR kalau menerima SMS sapaan dari seorang teman. Bisa jadi, dia tidak benar-benar ingin menyapa kita. Mungkin dia sedang bosan nunggu bus yang tidak lewat, dan daripada tidak ada kerjaan, mending kirim SMS ke kita. Jadi SMS yang dia kirimkan itu sebenarnya ‘untuk dirinya sendiri’.” Pernyataannya itu membuatku geli. Kadang aku juga begitu soalnya :))

Dengan menjamurnya telepon genggam itu, salah satu hal yang biasa kuamati di tempat umum adalah orang yang sibuk dengan HP-nya. Tidak selalu bertelepon, cuma utak-utik HP. Biasanya sih kalau tidak ber-SMS ya main game. Orang-orang itu jarang sekali ada yang mengajak ngobrol orang yang di dekatnya. Mungkin dengan adanya alat elektronik yang bisa menghubungkan kita dengan dunia maya dan teman atau saudara kita yang berada nun jauh di sana, kita tidak terbiasa untuk saling menyapa dengan orang yang secara fisik berada di dekat kita. Itu perkiraanku loh. Salah satu alasannya barangkali adalah karena kita sering diwanti-wanti untuk tidak berakrab-akrab dengan orang asing, karena bisa jadi orang asing itu akan menyakiti kita. Jadi, cari amannya saja😉

Kalau boleh tahu, apa sih yang biasanya kamu lakukan untuk mengusir kebosanan? Mengutak-utik HP? Jalan-jalan? Atau apa?

40 thoughts on “Obat Pengusir Bosan dan Suntuk

  1. Mengusir kebosanan?
    Aku sih simplenya ngganti aktivitas.
    Kalo lagi bosen kerja ya chatting/fb/blogging.
    Kalau bosan chatting/fb/blogging ya kerja🙂

    Kalau bosen sms dan mainan hp… hmm kayaknya belum pernah hehehe…

    • wah betul, es krim yg enak memang bisa jadi pengusir kebosanan. dan pilihan es krim mbak imelda aku yakin memang enak banget. hehe (kaya yg dulu itu loh, aku lupa namanya… )

  2. Tiga Hal …
    #1.
    Penawar bosan saya …
    Kalo di rumah … jalan atau sepedahan keluar … lihat yang hijau-hijau …
    Kalo di kantor … juga jalan keluar … juga lihat yang “hijau-hijau” …🙂

    #2.
    Saya tertarik dengan statement … jangan GR mengenai kiriman SMS dari teman itu …
    hhmmm iya juga ya … jangan-jangan itu ditujukan untuk dirinya sendiri …

    #3.
    Satu lagi tombo bosen ku …
    Tidur !!!
    Hah … iku uenak tenan …

    Salam saya Mbak

    • sepakat dengan yang #3. tidur memang menyenangkan… hahaha! apalagi kalau hari hujan, tidak bisa ke mana2, tidak bisa lihat yg hijau2. jadi mending tidur saja, siapa tahu lihat yg hijau2 … hihi

  3. Caraku mengusir bosan ya dengan menulis, kalau bosan menulis ya aku jalan-jalan, kalau bosan jalan-jalan nonton tipi kalau sudah bosan semuanya berarti waktunya mati hiihihihh…
    Dan aku justru suka banget berakrab-akrab dengan orang asing. Agar bisa mengerti dan mengenal banyak orang, di samping juga untuk belajar mengetahui seperti apa sebenarnya orang memandang diriku ini untuk pertama kali.

    • Hehe, kalau aku nggak bisa mengusir kebosanan dengan nonton tipi… wong ndak punya tipi je.
      bagaimanapun berakrab2 dg orang asing ada bagusnya juga ya, jadi bisa belajar banyak juga dari mereka😉

  4. Nah…ini nih…bosen aku….sebetulnya bosan itu memang dikasihNya supaya kita kreatif…tul gak kris?kalau aku, ya tinggalin saja kerjaan sejenak, keluar, maen, ke sawah, ke kali, jalan2, dan yang paling bahaya…… makan!….tapi kalau makan gak pernah bosen lah….

    • sudoku? haiyaaa … aku paling males mainan angka. kayaknya kalau sudoku, aku serahkan kepada suamiku aja deh, yang memang sudah pakarnya😀 tapi kalau TTS, hmm … mengasyikkan juga ya? boleh dicoba nih.

  5. Mencoba mencari aktivitas lain…bisa jalan-jalan..mengganti tanaman, mengotak atik susunan furniture rumah…
    Paling sering membersihkan WC dan kamar mandi…terus ..setelah itu semua selesai, badan segar, bersih, bau harum….tinggal ngantuk. Ambil buku, peluk guling…tidur deh….hehehe

  6. wkwkwk
    skrng q jg sdang bosan
    bka buka internet s4 mengusir bosan jg he,
    tp bentar lg kayaknya bosan lg he, emng harusnya tdur ni…..

  7. kalo bosen, paling seneng jahilin temen2, keluarga , pacar, pacar orang,istri orang, dosen dan lain2.. pokoknya menyenangkan…hehe

  8. wahh ngusir bosen y….
    G tauu jugaa niiii …tidur juga bisa bosaan y…yaa kalau aq sih..pergi ke lapangn bolaa….olhragaa tu bisa ngusir bosan aq untuk beberapa jam kedepan….

  9. Klo aq si bysany klo lg bosen tu nyetel lagu keras2 trus nyanyi sambil joged2 ndiri gak jelas gt..tp jgn lupa lakukan it ddlm kmr dlm kndisi pintu tertutup yah biar g dkira gila or khbisan obat gt…hehehe… :’D

  10. kalau aku lagi bosan,,,ne kek sekarang ne,,aku otak atik laptop aku,,,buat status suka2 hati di media sosial yg penting hati aku gak galau lagi…

Leave a Reply

